visitor

Pages

Senin, 23 September 2013

Tugas Perilaku Organisasi


Contoh Jenis-jenis Motivasi Yang di kemukakan oleh :
A.     Abraham H. Maslow (Teori Kebutuhan)
·            Kebutuhan fisiologis, yakni kebutuhan primer yang harus dipuas­kan lebih dahulu, yang terdiri dari kebutuhan pangan, sandang, dan tempat berlindung.
·            Kebutuhan keamanan, baik keamanan batin maupun keamanan barang, atau benda.
·            Kebutuhan sosial, yang terdiri dari kebutuhan perasaan untuk diterima oleh orang lain, perasaan dihormati, kebutuhan untuk berprestasi, dan kebutuhan perasaan berpartisipasi.
·      Kebutuhan berprestise yakni kebutuhan yang erat hubungannya dengan status seseorang.

B.      Herzberg (Teori Dua Faktor)
·         faktor motivasional adalah hal-hal yang mendorong berprestasi yang sifatnya intrinsik, yang berarti bersumber dalam diri seseorang,
Contoh :  pekerjaan seseorang, keberhasilan yang diraih, kesempatan bertumbuh, kemajuan dalam karier dan pengakuan orang lain.

·         faktor hygiene atau pemeliharaan adalah faktor-faktor yang sifatnya ekstrinsik yang berarti bersumber dari luar diri yang turut menentukan perilaku seseorang dalam kehidupan seseorang.
Contoh : status seseorang dalam organisasi, hubungan seorang individu dengan atasannya, hubungan seseorang dengan rekan-rekan sekerjanya,

C.      Victor H. Vroom (Teori Harapan )
·         jika seseorang menginginkan sesuatu dan harapan untuk memperoleh sesuatu itu cukup besar, yang bersangkutan akan sangat terdorong untuk memperoleh hal yang diinginkannya itu. Sebaliknya, jika harapan memperoleh hal yang diinginkannya itu tipis, motivasinya untuk berupaya akan menjadi rendah.
Contoh : 
ü  penekanan tentang pentingnya bagian kepegawaian membantu para pegawai dalam menentukan hal-hal yang diinginkannya serta menunjukkan cara-cara yang paling tepat untuk mewujudkan keinginannnya itu. Penekanan ini dianggap penting karena pengalaman menunjukkan bahwa para pegawai tidak selalu mengetahui secara pasti apa yang diinginkannya, apalagi cara untuk memperolehnya.
ü  Para siswa memiliki harapan-harapan tertentu setelah menye­lesaikan pelajaran, atau tugas, . Guru perlu mem­berikan harapan-harapan tertentu untuk menggugah motivasi belajar siswa.


D.     McClelland (Teori Kebutuhan Berprestasi)
kebutuhan akan prestasi tersebut sebagai keinginan untuk memperoleh kepuasan dalam penguasaan perilaku yang menantang, dan sulit.
Contoh :
ü  Melaksanakan sesuatu tugas atau pekerjaan yang sulit.
ü  Menguasai, memanipulasi, atau mengorganisasi obyek-obyek fisik, manusia, atau ide-ide melaksanakan hal-hal tersebut secepat mungkin dan seindependen mungkin, sesuai kondisi yang berlaku.
ü  Mengatasi kendala-kendala, mencapai standar tinggi. Mencapai performa puncak untuk diri sendiri.
ü  Mampu menang dalam persaingan dengan pihak lain.
ü  Meningkatkan kemampuan diri melalui penerapan bakat secara berhasil.

E.      Clyton Alderfer (Teori “ERG)
·         E = Existence (kebutuhan akan eksistensi)
Contoh : kebutuhan primer dan kebutuhan keamanan
·         R = Relatedness (kebutuhanuntuk berhubungan dengan pihak lain)
Contoh :  - kebutuhan sosial  untuk diterima oleh orang lain,perasaan di hormati
                  -kebutuhan akan status seseorang
·         G = Growth (kebutuhan akan pertumbuhan)
Contoh  : kebutuhan akan aktualisasi diri tersedianya kesempatan bagi seseorang untuk mengembangkan potensi yang terdapat dalam dirinya sehingga berubah menjadi kemampuan nyata.


0 komentar:

Posting Komentar

like